Wisata Baru di Bandung Wajib Kunjungi, Murah Meriah!

Bandung tak pernah kehabisan ide menawarkan pesona pariwisata yang memikat para wisatawan lokal hingga mancanegara. Setiap tahunnya terus bermunculan wisata baru di Bandung yang wajib dikunjungi masyarakat.

Pilihan Wisata Baru di Bandung yang Bisa Anda Datangi

Mulai dari wisata edukasi, belanja, kulineran, hingga tematik. Yuk, catat beberapa tempat wisata baru di Bandung di bawah ini!

Wisata Murah Kekinian

Ada beberapa tempat yang dibuka di tahun 2022 dan 2023, apa saja referensi wisata murah kekinian Bandung yang Sobat harus kunjungi?

1. Pasar Kreatif Jabar

Diresmikan dan dibuka sejak Juli 2023, area bekas gedung pemerintahan ini disulap menjadi pusatnya industri kuliner dan kreatif warga Jawa Barat. Di sini terdapat puluhan kios estetik yang jadi tempat nongkrongnya orang Bandung.

Berlokasi di jalan Pahlawan, pengunjung tak dikenakan tarif apapun saat masuk ke kawasan ini. Akan tetapi, hati-hati kalap ya, karena Sobat dapat mengunjungi banyak tempat kulineran sekaligus berbelanja produk lokal berkualitas.

2. Kiara Artha Park

Beralamat di jalan Banten No.7, Kiara Artha Park adalah wisata baru Bandung dengan daya tarik air mancurnya dan lampu yang saling berpadu menghasilkan pertunjukkan memukau pengunjung.

Selain menyaksikan air mancur, Sobat bisa berkeliling dengan sepeda atau scooter sewaan, roller skating, atau hanya jogging di jalur yang tersedia.

3. Little Seoul

Ada kampung Korea di tengah Kota Bandung. Sobat yang ingin merasakan kehidupan ala Negeri Gingseng bisa mengunjungi Little Seoul yang masih satu lokasi di Kiara Artha Park.

Di Little Seoul juga pengunjung dapat mencicipi aneka kuliner khas Korea, photoshoot ciamik mengenakan Hanbok, yakni pakaian tradisional Korea.

4. Orchid Forest Lembang

Sedikit jauh dari pusat kota Bandung,namun tak ada salahnya berkunjung ke wahana baru di Bandung yang terletak di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung ini.

Sesuai namanya, lokasi ini menawarkan atraksi koleksi anggrek langka, seperti anggrek hitam. Ada juga spot foto di jembatan kayu, hiburan anak Rabbit Forest, Orchid Castle, atau duduk santai di area yang tersedia.

5. Chinatown

Dekat dengan pusat kuliner Cibadak, Chinatown adalah wisata tematik dengan budaya Tionghoa yang masih viral sampai hari ini. Pengunjung dapat menikmati sajian kuliner, belajar sejarah Tionghoa, sekaligus berfoto di beberapa spot yang disediakan.

6. The Great Asia Afrika

Menghadirkan budaya beberapa negara Asia di Lembang, ajak keluarga Sobat berkeliling melihat indahnya budaya sambil berpakaian tradisional yang bisa disewa selama 1 jam.

Wisata Edukasi di Bandung

Berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk wisata edukasi yang ramah keluarga, berikut referensinya: 

1. Bus Bandros

Tempat wisata baru Bandung sambil berkeliling kota bisa Sobat lakukan dengan menaiki Bus Bandros beroperasi setiap harinya dan dapat dinaiki di depan Museum Geologi atau Masjid Agung Bandung.

Tarifnya hanya Rp20.000, Sobat akan diajak berkeliling sambil mendengar sejarah yang diceritakan tour guide mengenai penamaan jalan, gedung, patung, dan masih banyak lagi. 

2. Museum Kota Bandung

Terletak di jalan Aceh No. 47, museum kecil yang bagian dari cagar budaya ini memberikan informasi seputar sejarah terbentuknya Kota Bandung serta produk budaya dari masyarakat Bandung yang dipamerkan melalui karya duplikat.

Buka setiap harinya, kecuali hari Senin. Pengunjung tak dikenakan biaya masuk dan waktu berkunjung dibatasi hanya 2 jam saja.

3. Museum Asia Afrika

Memang bukan wisata baru di Bandung, namun jika Sobat baru pertama kali berkunjung ke kawasan Asia Afrika jangan lupa untuk menambah wawasan mengenai konferensi KAA tahun 1955 yang tergambarkan dengan baik di museum ini.

4. Museum Nike Ardilla

Siapa yang tak kenal dengan bintang rock legendaris satu ini? Buka mulai pukul 09.00, Sobat bisa melihat koleksi barang dari mendiang Nike Ardilla langsung di rumahnya, termasuk mobil jeep, koleksi foto, lukisan, aksesoris, sampai pintu dari Honda Genio yang jadi saksi bisu insiden tahun 1995 lalu.

5. Museum Pos

Letaknya tak jauh dari Museum Geologi, museum yang bersebelahan dengan Gedung Sate ini punya daya tarik menceritakan sejarah dunia pos Indonesia yang ditampilkan melalui display patung serta diorama.

Telah dibuka sejak era Hindia Belanda, Sobat dapat bernostalgia melihat bagaimana kemajuan dunia pos dan telegraf Indonesia sebelum merdeka tanpa dipungut biaya apapun.

Wisata Kuliner Terpopuler Bandung

Kota Kembang memang tak ada habisnya melahirkan banyak ide kuliner menarik nan menggugah selera yang membuat wisatawan rela menempuh perjalanan demi ke Kota Bandung. Ini daftar wisata kuliner yang harus Sobat cicipi : 

1. Lengkong Kecil Culinary Night

Kulineran malam hari punya daya tarik sendiri bagi wisatawan dan dapat Sobat jumpai di sepanjang jalan Lengkong Kecil. Wisata Bandung baru ini menawarkan aneka street food tradisional hingga kekinian dengan harga mulai Rp10.000.

2. Jalan Gempol

Meski lokasinya cukup padat dan hanya bisa disusuri dengan berjalan kaki, tetapi jalan Gempol tak pernah sepi dari wisatawan luar kota yang mencari jajanan atau makanan berat di pagi hari.

Lokasi ini terkenal akan hidangan kupat tahu, roti bakar Gempol, jus segar serta toko kue untuk oleh-oleh.

3. Lapangan Gasibu

Cari tempat sarapan yang variatif? Sobat wajib mengunjungi wahana Bandung terbaru yakni pasar Gasibu yang terletak di area jalan Diponegoro. Di sini terdapat ratusan penjual makanan murah meriah khas Bandung yang lezat.

4. Warung Kopi Imah Babaturan

Viral di sosial media, warung masakan yang terletak di jalan Kebon Bibit ini selalu ramai diserbu penikmat kuliner yang penasaran akan masakan Cumi Cabe Hijaunya yang jadi top menu.

Selain menu cumi, Imah Babaturan juga menawarkan aneka masakan rumahan atau sekadar ngopi santai ditemani camilan murah.

5. Tiramisusu

Setelah puas mengunjungi Bandung tempat wisata baru sempatkan pula membeli oleh-oleh dari Tiramisusu di jalan Anggrek. Menawarkan aneka kue susu, dessert box viral, pie, cokelat, dan produk lokal lainnya yang bikin kalap.

Jika Sobat berkunjung ke outlet Braga, kamu bisa menikmati menu baru dessert box dengan tambahan es krimnya mulai harga Rp48.000.

6. Lapangan Saparua

Lari pagi sambil kulineran kenapa tidak? Sobat yang ingin lari pagi dan cari sarapan boleh berkunjung ke lapangan Saparua di jalan Ambon. Lokasi ini menawarkan aneka makanan minuman terjangkau mulai dari es kelapa, baso tahu, sate jando, dan lainnya.

Penutup

Kota yang lekat dengan julukan Paris van Java ini memang dikenal kreatif dalam menyuguhkan ide-ide tempat tempat rekreasi baru di Bandung yang sukses menarik banyak wisatawan berkunjung tiap akhir pekan atau di musim liburan.

Mulai dari kulineran, belanja produk lokal, menambah edukasi, dan cari hiburan dapat Sobat lakukan sekaligus di kota ini.

Untuk Sobat yang mau menjajali deretan tempat wisata baru di Bandung, jangan lupa pilih jasa travel terbaik berkualitas demi pengalaman berwisata di Kota Kembang yang tak terlupakan!

Admin 1
Admin 1