30 Tempat Wisata Menarik di Pangalengan dan Ciwidey

Daftar 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey perlu Anda ketahui. Apalagi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pangalengan maupun Ciwidey, Jawa Barat. Pangalengan dan Ciwidey adalah salah satu destinasi wisata Bandung yang favorit selain Lembang. Kawasan ini menarik untuk dijelajahi karena pesonanya yang luar biasa.

30 Tempat Wisata Menarik di Pangalengan dan Ciwidey
whatsnewindonesia.com

Daftar 30 Tempat Wisata Menarik di Pangalengan dan Ciwidey

Untuk Anda yang ingin mencari destinasi liburan di kawasan Pangalengan dan Ciwidey, maka berikut adalah rekomendasinya:

1. Kawah Putih

Kawah Putih hasil letusan Gunung Patuha abad ke-11, kini jadi danau vulkanik di Ciwidey. Luasnya 10 hektar, ketinggian 2.400 mdpl. Dengan suhu 8-22 derajat Celcius, kawasan ini memukau dengan kawah putih kehijauan dan pasir putihnya.

2. Kebun Teh Jangkung

Kebun Teh Jangkung di Bandung menawarkan pemandangan teh eksotis. Dengan kegiatan seperti piknik, hunting foto, dan memasang hammock, pengunjung dapat menikmati suasana yang indah. Saat cuaca cerah, panorama sunrise di kebun teh menjadi daya tarik tersendiri.

3. Rengganis Suspension Bridge

Rengganis Suspension Bridge, terletak di Gunung Patuha, Ciwidey, membentang sepanjang 370 meter. Tiket masuk beragam, VIP Rp 100 ribu dapat akses ke Glamping Lakeside, Situ Patenggang, Kawah Rengganis, dan Jembatan Gantung. Harga Rp 70 ribu mencakup Kawah Rengganis dan Jembatan Gantung, menghubungkan langsung ke pemandian air panas Kawah Rengganis dengan suhu 35-80 derajat.

4. Ranca Upas

30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey selanjutnya adalah Ranca Upas. Ranca Upas, berlokasi di Jalan Raya Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, menawarkan beragam wisata. Favoritnya adalah tempat camping dengan koleksi hewan rusa yang bisa difoto. Ada juga pemandian air panas, kolam renang, outbond, dan cafe.

5. Nuansa Riung Gunung

Nuansa Riung Gunung tak hanya menawarkan keindahan pemandangan, tapi juga fasilitas umum dan aktivitas outdoor menarik seperti area parkir, toilet, hammock, dan camping ground. Dikenal sebagai Swiss-nya Bandung, tempat ini memanjakan dengan kebun teh dan atmosfer pegunungan Ciwidey yang eksotis.

6. D’Valley Waterfall

Wisata alam ini ada di Desa Alamendah dekat jalan raya Ciwidey yang menampilkan air terjun alami. Tempat ini menyuguhkan beragam kegiatan seru seperti camping, outbound, paintball, dan lainnya.

7. Taman Langit Pangalengan

Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, berjarak sekitar 64 kilometer dari pusat Kota Bandung. Pengunjung dapat menikmati keindahan kebun teh di bawah Gunung Wayang dengan jembatan kayu melintang di antara perkebunan teh Pangalengan.

8. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey, di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, terletak di ketinggian 2.000 mdpl, tersembunyi di perkebunan teh. Keunikan bukit ini adalah pohon cemara yang membentuk jamur, menciptakan pemandangan indah dekat perkebunan teh.

9. Sunan Ibu Sunrise Point

Sunan Ibu Sunrise Point, di Kawah Putih, menawarkan keeksotisan yang memikat pengunjung. Bagi pecinta matahari terbit, tempat ini menjadi pilihan wajib untuk dinikmati.

10. Nimo Highland

Salah satu dari 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey ini menawarkan pemandangan kebun teh dan pegunungan dari ketinggian 1.600 mdpl. Selain keindahan alam, Nimo Highland menyediakan restoran dan wahana hiburan.

11. Situ Cileunca

Danau buatan seluas 1.400 hektar ini dikelilingi bukit dan pegunungan dengan sumber air dari Situ Cipanunjang yang lebih besar. Selain keindahan alam, tempat ini menyediakan berbagai wahana seperti arung jeram, paintball, flying fox, panahan, dan banyak lagi.

12. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong menawarkan beragam aktivitas menarik seperti paintball, flying fox, rafting, dan camping. Terletak dekat dengan Kampung Singkur, Bukit Rahong, dan Jembatan Cirahong, tempat ini berlokasi di kawasan hutan pinus Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung.

13. Perkebunan Teh Rancabali 

Perkebunan teh ini, salah satu yang paling populer di Ciwidey, terletak pada ketinggian 1.650 mdpl. Dengan pemandangan indah dan lapisan kabut putih, suasana tenang dan nyaman tempat ini cocok untuk liburan dan mencari ketenangan.

14. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar termasuk dalam 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey dan ideal untuk berwisata bersama anak-anak. Di sini, Anda dapat bersepeda, berjalan-jalan, atau mengikuti kegiatan outbound. Selain itu, kunjungi makam dan rumah tua KAR atau Bosscha untuk menikmati keindahan alam.

15. Perkebunan Teh Cukul

Selain berjalan-jalan di Kebun Teh Malabar, kunjungi juga Perkebunan Teh Cukul. Tempat ini memiliki beberapa spot instagramable yang menarik untuk berfoto. Bagi pecinta fotografi pemandangan, Perkebunan Teh Cukul merupakan pilihan yang baik. Di sekitar kebun teh, terdapat danau indah yang juga menarik untuk dieksplorasi.

16. Curug Penganten

Sebagai penggemar wisata air, kunjungi Air Terjun Pengantin yang terkenal dengan dua aliran air berdekatan, memberikan namanya. Air jernih dan dingin cocok untuk berenang atau sekadar bermain air. Suasana tenang diperkaya dengan pepohonan hijau yang melingkupi air terjun.

17. Rumah Putih Cukul

Dekat Kebun Teh Cukul terletak Rumah Putih Cukul, diduga sebagai peninggalan Belanda. Bangunan klasiknya menarik minat banyak wisatawan. Di sekitarnya, terdapat danau eksotis dengan air yang jernih, menambah daya tarik kawasan ini. Salah satu dari 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey ini wajib Anda kunjungi.

18. Curug Ceret

Curug Ceret memiliki air terjun setinggi lima meter, sumbernya berasal dari celah batu dan akar pohon sekitar. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan air terjun sambil bermain air. Saat cuaca cerah, sinar matahari memantul di atas aliran air, menambah pesona. Meskipun bukan wisata terbaru di Pangalengan, curug ini tetap ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan.

19. Gunung Nini

Gunung Nini, di Pangalengan Bandung, tetap ramai dikunjungi pada akhir pekan. Berlokasi di Perkebunan Teh Malabar, kawasan ini dulunya dipakai oleh KAR Bosscha guna mengawasi perkebunan teh.

20. Sungai Palayangan

Di sini, Anda dapat mencoba arung jeram dengan tingkat kesulitan yang beragam. Area rafting di sungai ini mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong yang dikelilingi oleh pepohonan dan kebun teh hijau. Pemandu akan mendampingi pemula untuk memastikan keamanan selama pengalaman rafting.

21. Penangkaran Rusa Kertamanah

Penangkaran Rusa Kertamanah juga menjadi salah satu dari 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey. Destinasi wisata ini ideal untuk liburan bersama anak-anak. Terletak di kawasan Kertamanah, tempat ini menjadi rumah bagi sekumpulan rusa yang dapat Anda amati dan main bersama. Selain interaksi dengan rusa, kawasan ini menawarkan beragam aktivitas seru seperti arung jeram, ATV, hingga flying fox.

22. Kampung Singkur

Kampung Wisata di Pangalengan Bandung, seperti Kampung Singkur, cocok bagi yang ingin bersantai dan melepas penat dari kehidupan perkotaan. Di sini, tersedia berbagai wahana hiburan menarik seperti tubing, arung jeram, dan paintball. Selain variasi yang beragam, harga wahana-wahana ini juga terjangkau.

23. Gunung Artapela

Gunung Artapela, dengan ketinggian sekitar 2.194 meter di atas permukaan laut, menjadi destinasi favorit bagi pendaki pemula. Wisata gunung ini menawarkan kawasan padang rumput dan Daun Aul sebagai spot favorit para pendaki. Momen matahari terbit dan terbenam menjadi waktu terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan dari gunung ini.

24. Glamping Cileunca

Selanjutnya, 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey adalah Glamping Cileunca di kawasan Situ Cileunca, Bandung Selatan. Wisata ini sering menjadi pilihan masyarakat Jabodetabek untuk melepas penat pada akhir pekan. Lokasinya di tengah danau menarik wisatawan untuk menginap di sini.

Glamping Cileunca dilengkapi dengan fasilitas komplit. Seperti camping ground, glamping, cottage, dan flying fox 200 meter melintasi danau. Anda juga dapat menikmati aktivitas arung jeram, paintball war games, dan archery. Tempat ini juga menyediakan spot cantik untuk foto pre-wedding.

25. Pemandian Air Panas Cibolang

Setelah beraktivitas, sempatkan untuk mampir ke Pemandian Air Panas Cibolang. Selain menawarkan air hangat alami, tempat ini juga memungkinkan Anda berenang sambil menikmati keindahan sekitarnya. Dengan fasilitas lengkap seperti gazebo dan tempat penitipan barang, Anda bisa berenang tanpa khawatir kehilangan barang.

26. Jembatan Cinta Situ Cileunca

Jembatan Cinta, populer di kalangan fotografer dan pencari spot instagenik, terletak di tengah Danau Situ Cileunca yang luas. Meskipun terlihat biasa, jembatan ini sangat cocok untuk mengambil foto bintang-bintang yang berkilau. Untuk pengalaman terbaik dalam berburu bintang, disarankan datang ke wisata Pangalengan Bandung ini pada malam hari saat cuaca cerah.

27. Rumah Pengabdi Setan

Kepopuleran film Pengabdi Setan mengangkat ketenaran rumahnya sebagai destinasi wisata. Rumah yang digunakan dalam syuting film tersebut kini menjadi daya tarik utama, terutama bagi remaja yang gemar berfoto. Lokasinya berada di Desa Kertamanah, Pangalengan, sekitar 40 menit dari Situ Cileunca.

28. Gunung Wayang

Gunung Wayang termasuk dalam daftar 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey. Destinasi ini tak boleh dilewatkan, terutama bagi pecinta mendaki. Pemandangan alam selama pendakian akan memberikan pengalaman yang memuaskan tanpa terasa lelah. Untuk mencapai puncak, Anda hanya perlu berjalan santai selama sekitar dua jam. Namun tetap berhati-hati karena medannya cukup curam.

29. Rumah Bosscha 

Rumah Bosscha adalah rumah pribadi pendiri Observatorium Bosscha, KAR Bosscha, yang terkenal. Dengan desain bergaya Eropa klasik, rumah ini menjadi tujuan wisata yang menarik. Setiap sudutnya menampilkan interior klasik yang indah, sempurna untuk berfoto.

30. Nimo Highland

Nimo Highland berlokasi di Gunung Nini dengan ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut, menawarkan pengalaman wisata alam dengan spot foto kekinian yang menarik. Tempat ini buka setiap hari, terletak di Desa Banjarsari, Pangalengan, sekitar 36 kilometer dari Gerbang Tol Soreang atau 50 kilometer dari pusat Kota Bandung. Salah satu daya tarik utamanya yakni jembatan lengkung berbentuk huruf U yang menyuguhkan pemandangan 360 derajat, mencakup Danau Situ Cileunca yang menjadi ikon Pangalengan.

Deretan 30 tempat wisata menarik di Pangalengan dan Ciwidey tersebut di atas dapat menjadi referensi destinasi liburan Anda bersama keluarga.

Admin 1
Admin 1